JENIS JERAWAT DAN TIPS HILANGKAN JERAWAT

Assalamualaikum semua.Kali ni Cah nak share dengan korang semua mengenai jenis-jenis jerawat dan tips menghilangkannya.Inilah 7 jenis jerawat yang perlu anda tahu dan cara mengatasinya.Jerawat merupakan salah satu dari jenis penyakit kulit yang sering muncul dibagian wajah dan tentu sangat mengganggu hingga dapat mempengaruhi kecantikan wajah dan keyakinan diri seseorang. Terdapat jenis-jenis jerawat yang perlu kita kenalpasti dalam dunia moden ni. Sepertimana kita menjaga kesihatan badan,kulit juga perlu dijaga.Memiliki kulit putih mulus sudah pastinya menjadi dambaan setiap wanita mahupun lelaki.Pastinya kita merasa tidak selesa apabila keluar rumah dengan wajah muka yang berjerawat.Aduhai,malu weh nak jumpa orang ramai!

Mengenai Jerawat

Jerawat sendiri disebabkan karena pori-pori kulit kita yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya bejolan berwarna merah yang mengandung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang semua orang mengalaminya. Jerawat sendiri timbulnya karena perubahan hormon yang dialami penderitanya dan biasanya muncul saat penderita sedang mengalami mestruasi dalam proses kehamilan serta mengalami stress yang berlebih.Inilah 7 jenis jerawatyang perlu anda ketahui dan  cara mengatasinya.

8 Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya

1. Jerawat Biasa

Hampir sebagian besar orang pernah menderita jerawat seperti ini. Jerawat ini mudah dikenali karena berntuknya yang kecil dan berwarna putih kemerahan. Jerawat ini timbul karena tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering disebut juga sebagai kelenjar sebaceous. Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah sekitarnya.

  • Cara Mengatasinya 

Jika anda ingin menangani masalah jerawat dalam jangka waktu singkat karena akan menghadiri beberapa acara penting, anda dapat menyiasati dengan mengolesi dengan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah anda menjelang tidur. Pasta gigi mengandung fluroide yang berkhasiat mengurangi bengkak kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. Selain itu anda juga dapat menggunakan tomat maupun lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

2. Jerawat Batu

Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut dengan Cystic Acne disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

  • Saran Pengobatan

Jika anda mengalami jerawat batu yang meradang sebaiknya segeralah konsultasi kedokter untuk kemudian menentukan pengobatan apa yang harus dilakukan.

3. Komedo

Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan skresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti benjolan berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

  • Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi komedo anda dapat menggunakan putih telur. Caranya dengan mencelupkan kapas ke putih telur lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat komedo. Diam kan, setelah mengering angkat kapas tersebut maka akan terlihat komedo tercabut pada kapas.

4. Jerawat Juvenil

Jerawat ini timbul pada masa pubertas 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.

  • Cara Mengatasinya 

Untuk mengatasi jerawat ini anda bisa menggunakan sabun wajah yang memilki PH seimbang atau sabun bayi transculent. Jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi mungkin harus diatasi dengan cara yang alami, jangan menggunakan cara berbahaya.

5. Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebakan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

  • Cara Mengatasinya

Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun. Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis kulit. Jerawat ini tidaklah menular serta dapat disembuhkan.

6. Jerawat Rosacea 

Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

  • Saran Pengobatan

Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan, kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sianar infa merah pengeringan jerawat.

7. Jerawat Nitrosica

Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah.
adapun saran pengobatan ini  dengan cara konsultasi pada dokter, dapat juga dengan menggunakan teknologi kecantikan untuk menghilangkan jerawat ini.

Tips Menghindari Jerawat

Setelah anda menjalankan pengobatan untuk mengatasi jerawat, ada baiknya juga jika anda menghindari beberapa hal yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah anda, diantaranya yaitu:
  1. Memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.
  2. Mengurangi tidur larut malam.
  3. Mengurangi rokok.
  4. Hindari makanan berupa gorengan, coklat, alkohol, kopi serta kacang-kacangan.
  5. Mengurangi kemungkinan terjadinya resiko stres karena stress akan menyebabkan penderitanya mengkonsumsi makanan berlemak. 
  6. Bersihkan layar ponsel anda, karena betapa anda sadari ada banyak bakteri yang menempel pada kulit wajah anda jika anda sering bertelponan dalam kondisi layar ponsel anda kotor.

Inilah 7 macam jenis jerawat yang perlu anda ketahui dan cara mengatasinya. Semoga anda lebih mengenal jerawat yang anda derita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment